POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Menko Polhukam Pastika Evakuasi Wisatawan Asing di Gili Trawangan Telah Selesai

By 07 Aug 2018 20:03Berita
IMG-20180807-WA0010

Polhukam, NTB – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menyatakan bahwa evakuasi wisatawan asing dari Gili Trawangan sudah selesai dilaksanakan. Ia menegaskan bahwa tidak ada korban meninggal dari para wisatawan tersebut.

“Saya kira evakuasi para wisatawan sudah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kita tentu terimakasih kepada segenap petugas yang sudah melaksanakan tugas dengan baik sekali,” ujar Menko Polhukam Wiranto saat meninjau evakuasi wisatawan asing di Bangsal Lombok Utara, NTB, Selasa (7/8/2018).

Menko Polhukam mengatakan, laporan pertama yang ia terima ada sekitar 2 ribu turis yang berada di Gili Trawangan. Namun, semakin hari semakin bertambah hingga menjadi lebih dari 7 ribu. “Jadi banyak sekali, ternyata turis yanh berada di Gili Trawangan juga sangat banyak,” katanya.

Sebelumnya, Menko Polhukam memang mendapatkan instuksi dari Presiden yang harus berhati-hati dalam menangani para turis. Pada kesempatan pertama keinginan mereka kemana, kemudian dikasih fasilitas semudah mungkin.

“Kemarin saya sungguh sangat bersyukur bahwa para petugas kita baik dari aparat TNI, Kepolisian, Basarnas, dan Pemda bersama-sama untuk menyelesaikan masalah pengungsian evakuasi teman-teman dari mancanegara ini dengan baik,” kata Menko Polhukam Wiranto.

Hal ini dibuktikan dengan diselesaikannya evakuasi dari Gili Trawangan menuju Lombok. Para wisatawan itu kemudian melanjutkan perjalnan ke Mataram dan dari Mataram mereka juga diberikan fasilitas, dijemput dengan kendaraan, dan dikasih fasilitas menginap di bandara, serta diberikan kemudahan untuk bisa bergerak ke tempat tujuan mereka, baik penambahan pesawat terbang maupun melalui bantuan-bantuan kapal feri dari Pelni untuk mengangkut mereka ke Bali.

“Sekarang ini saya dengan Pak Idrus Marham dan dengan Pak Didit dari Kasum TNI sekarang ingin mendapatkan kepastian laporan resmi bahwa semuanya sudaj berjalan lancar. Tadi sudah dilaporkan bahwa semua berlangsung dengan aman, tidak ada korban, para wisatawan sudan bergerak menuju ke sasaran masing-masinh,” kata Menko Polhukam Wiranto.

Humas Kemenko Polhukam

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Menko Polhukam Pastika Evakuasi Wisatawan Asing di Gili Trawangan Telah Selesai