Menko PolhukamBerita

Menko Polhukam Minta FKPPI Tiru Tindakan Mulia TNI-Polri dalam Membangun Bangsa

Dibaca: 15 Oleh Monday, 20 December 2021April 5th, 2022Tidak ada komentar
IMG 20211220 WA0015
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No: 221/SP/HM.01.02/POLHUKAM/12/2021

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI, berharap Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI/POLRI (FKPPI) selalu berada di garis depan dalam ikut andil mengatasi permasalahan bangsa, serta dapat meniru sikap mulia TNI-POLRI dalam berjuang membangun bangsa.

“Akhir akhir ini kita sering melihat bahwa TNI dan Polri saling bahu membahu berada di garis depan dalam mengatasi permasalahan bangsa. Mulai dari mengatasi pandemi Covid-19 sampai dengan mengatasi kejadian akibat bencana alam. Semua itu mereka lakukan demi bangsa dan negara tercinta. Harapan saya semua anggota FKPPI juga  bisa meniru tindakan mulia ini,” ujar Mahfud saat hadir dan membuka Musyawarah Nasional (Monas) FKPPI X, di The Hotel Sultan, Senin (20/12).

Selain itu, lanjut Mahfud, di tengah derasnya pengaruh globalisasi yang secara nyata sudah berdampak pada menurunnya wawasan kebangsaan pada generasi muda saat ini, menjadi tantangan tersendiri bagi FKPPI ke depan.

“Saya mengharapkan musyawarah nasional ini bukanlah hanya sekadar untuk pergantian kepengurusan semata, melainkan juga sebagai sarana untuk mengkonsolidasikan diri dan memperkokoh FKPPI dalam hal peningkatan wawasan kebangsaan,” tambah Mahfud.

Menurut Mahfud, salah satu upaya untuk meningkatkan wawasan kebangsaan adalah dengan adanya bela negara. Bela negara, lanjut Mahfud, diartikan sebagai sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

“Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang,” papar Mahfud.

Dalam acara bertema Bela Negara ini, Mahfud ingatkan FKPPI menjauhi ti dakan-tindakan yang melanggar hukum dan melakukan kegiatan yang merugikan masyarakat.

“Saya mengharapkan FKPPI dapat menjauhi tindakan tindakan yang tidak pantas dilakukan sebagai anak bangsa,” tegas Mahfud sembari menjelaskan harapan tersebut sesuai dengan nilai-nilai perjuangan para pendahulu yang selalu mengedepankan semangat bela negara dalam menjaga keutuhan NKRI, bersama-sama dengan Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia.

Di akhir sambutannya, Mahfud berharap FKPPU dapat meningkatkan soliditas dan memperkuat hubungan dengan keluarga besar TNI-Polri.

“FKPPI diharapkan mengutamakan semangat gotong-royong dalam upaya mengatasi permasalahan bangsa dan juga dalam upaya pembelaan negara sebagai pencerminan kehidupan kebangsaan yang menjamin hak-hak warga negara untuk hidup setara, adil, aman, damai, dan sejahtera,” pungkas Mahfud. (*)

Terkait

Kirim Tanggapan