BeritaMenko Polhukam

Menko Polhukam: Mensosialisasikan Pancasila Merupakan Kewajiban Bersama

Menko Polhukam: Mensosialisasikan Pancasila Merupakan Kewajiban Bersama
#KemenkoPolhukam 

Polhukam, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan mensosialisasikan Pancasila sudah merupakan tugas bersama sehingga diperlukan penyamaan visi tentang tantangan-tantangan konkret terhadap ideologi bangsa tersebut.

“(Kemenko Polhukam dan BPIP) akan bersinergi menerjemahkan instruksi Presiden tentang sosialisasi Pancasila karena kerja sama nya nanti yang lewat Kemenko itu ada pada level pejabat,” kata Menko Polhukam Mahfud MD usai beraudiensi dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Menko Polhukam menjelaskan ada tiga level tantangan yang perlu dihadapi kementerian koordinator, yang pertama adalah di tingkat fundamental, yang kedua berada di tingkat instrumental, dan ketiga di tingkat praktikal. Sementara kementerian/lembaga teknis akan membuat program-program yang lebih spesifik.

“Yang penting kita harus sadar betul, jangan sampai kita lengah terhadap rong-rongan ideologi lain. Itu harus dilawan habis karena begitu terlanjur terjadi akibat kelengahan yang telalu besar, nanti kita menyesal semua, jadi harus ditangkal sejak sekarang,” kata Menko Polhukam.

Baca juga:  Album Lagu-lagu Papua Diluncurkan

Dirinya juga menyampaikan bahwa sosialisasi tersebut bukan hanya untuk ASN saja, tetapi untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia. “Nanti kalau sudah ke Kemenko PMK, Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, itu sudah menyangkut ke rakyat, ke sekolah-sekolah, perguruan tinggi. Ini kan di tingkat Kemenko Polhukam, jadi strukturalnya bukan ASN lagi, di atasnya ASN. ASN nanti program masing-masing kementerian,” kata Menko Mahfud.

Biro Hukum, Persidangan, dan Hubungan Kelembagaan Kemenko Polhukam

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel