POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Menko Polhukam: ISIS Bukan Islam

By 05 Mar 2016 12:53Berita
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan usai serah terima jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan di Jakarta

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa ISIS bukanlah Islam, karena Islam merupakan agama yang memberikan kesempurnaan dan ketenangan.

“Kita harus hapus stigma bahwa ISIS itu Islam, karena ISIS memberikan rasa ketakutan, melakukan pembunuhan, sementara Islam memberikan kedamaian, ketenangan” tegasnya dalam ‘Dialog deradikalisasi silaturahmi ulama Surakarta” di Karang Anyar, Jawa Tengah, Sabtu (5/3).

Dalam acara yang sama, Menko Polhukam juga memberikan pemaparan mengenai kondisi sosial politik di Timur Tengah. Menurutnya, saat ini konflik yang berkecamuk di Timur Tengah sangat kompleks, yang meliputi pertikaian Arab dan Iran, masalah Suriah, hingga ISIS. Persoalan ini harus dicermati dan diantisipasi agar tidak mempengaruhi stabilitas keamanan di Indonesia, karena ISIS, kata Menteri Luhut, mencoba mengekspor pengaruhnya ke Indonesia.

Meski begitu, pemerintah Indonesia tidak akan menggunakan pendekatan seperti negara Arab dalam menangani ISIS, yakni tidak dengan pendekatan militer melainkan soft approach. Namun meski berlabel soft, bukan berarti pemerintah tidak dapat berlaku tegas.

Di Indonesia sendiri pemerintah telah memetakan sejumlah orang yang dianggap sebagai pembawa ideologi radikal. Beberapa diantaranya memiliki organisasi, namun ada juga yang tidak. Bahrun Naim, misalnya, yang merupakan salah satu pengendali aksi bom Thamrin, tidak membawahi organisasi tertentu.

Menteri Luhut menyatakan bahwa organisasi-organisasi radikal yang terafiliasi dengan ISIS di Indonesia tidak saling bersatu. Namun bukan berarti hal ini tidak berbahaya, karena tetap saja mereka bisa melakukan aksi terorisme.

Terkait hal tersebut, Menko Polhukam menekankan pentingnya revisi UU terorisme demi memberikan kewenangan lebih kepada aparat untuk bisa menindak teroris sebelum aksi terorisme terjadi.

Join the discussion One Comment

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Menko Polhukam: ISIS Bukan Islam