Berita Utama

Menko Polhukam : Debat Perdana Paslon Presiden dan Wakil Presiden Berjalan Aman

#KemenkoPolhukam 

Polhukam, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan bahwa dari kacamata polhukam, penyelenggaraan dan pengamanan Debat Calon Presiden dan Wakil Presiden yang diselenggarakan pada Kamis, 17 Januari kemarin berjalan dengan sukses. Dalam arti lancar, tidak ada gangguan dan kedua pasangan calon dapat menyampaikan visi dan misi masing-masing tanpa ada hambatan.

“Saya tidak akan masuk ke substansi karena nanti ada pakarnya, dan subtansi itu yang nanti akan menilai rakyat. Tapi saya menilai bahwa penyelenggaraannya lancar, tertib, pengamanan dari kepolisian bagus, sehingga kita bersyukur bahwa tahapan pertama dari debat sudah dapat berlangsung dengan baik,” kata Menko Polhukam di depan Kantor Kemenko Polhukam, Senin (18/1/19).

Dari sisi penyelenggaraan, Menko Polhukam berharap agar penyelenggaraan debat-debat selanjutnya juga dapat berlangsung dengan lancar dan aman sehingga para kandidat dapat menyampaikan semua pemikiran dan konsep-konsep program secara jelas serta dapat diterima oleh masyarakat Indonesia.

“Sebenarnya debat itu sendiri tidak hanya pertemuan kedua paslon yang difasilitasi oleh KPU, tapi sebenarnya dalam debat itu berisi pesan-pesan dari para kandidat tentang apa yang sudah dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan akan dilaksanakan oleh incumbent, sedangkan dari penantangnya berisi tentang apa yang akan dilaksanakan” kata Menko Polhukam.

Selain itu, Menko Polhukam mengungkapkan bahwa sebelum debat, Kemenko Polhukam akan bertemu dengan KPU untuk menyiapkan rencana-rencana pengamanan serta hal-hal apa saja yang bisa diperbaiki. “Nanti saat pertemuan di KPU akan kita kembangkan hal-hal apa yang bisa kita perbaiki,” kata Menko Wiranto.

Biro Hukum, Persidangan dan Hubungan Kelembagaan
Kementerian Koordinator  Bidang Politik, Hukum dan Keamanan

Terkait

Komentar