Berita

Menko Polhukam dan BSSN Bahas Sinergitas Siber

#KemenkoPolhukam 

Polhukam, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menerima audiensi Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, Djoko Setiadi di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (19/1/2018). Pertemuan tersebut membahas sinergitas antara siber yang ada di Indonesia dengan BSSN.

“Fungsi BSSN melakukan satu sinergitas daripada siber di Indonesia. Apakah itu di BIN, di Polisi, atau di TNI. Di berbagai kegiatan dinas badan keuangan. Semuanya punya sistem siber dan semuanya payungnya ada di BSSN,” kata Menko Polhukam Wiranto.

Dalam kesempatan itu, Menko Polhukam juga menyampaikan mengenai desk cyber yang ada di Kemenko Polhukam agar bisa diambil alih oleh BSSN. Desk cyber yang akan diambil alih meliputi kerja sama bilateral, ahli teknologi dan perencanaan-perencanaan yang telah dilakukan oleh Kemenko Polhukam.

“Kerja sama ke depan itu akan kita serahkan kepada BSSN dan ditindaklanjuti, sehingga ada kesinambungan kerja sama luar negeri dan konsep”

Menko Polhukam mengatakan bahwa untuk pengamanan siber selama Pilkada 2018 akan disinergikan oleh BSSN. Menurutnya, hal yang paling penting untuk dikerjakan BSSN adalah melakukan counter attack. Dikatakan, dalam satu hari ada sekitar dua juta attack yang dilakukan, baik dari dalam maupun dari luar

Baca juga:  Ditunjuk Sebagai Utusan Khusus Presiden RI, Menko Polhukam Hadiri Upacara Penghormatan Presiden Vietnam

“Serangan dilakukan, dipakai badan siber nasional kita. Di sinergikan oleh BSSN. Karena semuanya harus sinergis. Kalau dari luar, masing-masing pembagian wilayah atau sistem,” kata Menko Polhukam Wiranto.

Berita Terkait

Join the discussion One Comment

Komentar