BeritaMenko Polhukam

Menko Polhukam Berpesan Agar Pasis Sesko TNI Berpegang Teguh Kepada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit

Menko Polhukam Berpesan Agar Pasis Sesko TNI Berpegang Teguh Kepada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit
#KemenkoPolhukam 

Polhukam, Bandung – Kepada para Perwira Siswa Sesko TNI, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyampaikan untuk berpegang teguh kepada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit sebagai alat pertahanan negara dalam setiap pelaksanaan tugas.

“Terus tumbuh kembangkan jiwa dan tekad untuk membela negara dalam bingkai NKRI baik dalam kapasitas pribadi sebagai pemimpin maupun sebagai anggota masyarakat, sebagai wujud kecintaan dan pengorbanan kepada bangsa dan negara,” kata Menko Polhukam saat memberikan Pembekalan pada Pasis Sesko TNI di Gedung Graha Widya Adibrata Sesko TNI, Bandung, Senin (25/11/2019).

Menko Polhukam juga menyampaikan bahwa Indonesia memiliki tantangan pertahanan dari 3 trajektori. Pertama, secara internal, Menko Polhukam mengatakan kalau demokrasi belum terkonsolidasi, kesenjangan sosial masih cukup mengganggu, korupsi terus terjadi, dan penegakan hukum bersalah.

“Secara eksternal akan terjadi multipolar karena USA dan Eropa melemah dan terpuruk, Cina dan India akan menguat. Serta secara ekonomi global, Indonesia dituntut mempunyai persenjataan untuk pertahanan ‘Minimum Essential Force’ (MER) tetapi kondisi keuangan kita tidak memungkinkan,” kata Menko Mahfud.

Oleh karena itu, Menko Polhukam menyampaikan strategi pada bidang politik, hukum, dan keamanan yang diantaranya adalah membangun indeks penegakan hukum, meningkatkan perlindungan HAM dan hak-hak konstitusional warga negara, menguatkan perang melawan korupsi, dan melakukan langkah-langkah deradikalisasi.

Dirinya berpesan agar para Pasis Sesko TNI selalu berpikiran dan mempunyai konsep strategis berwawasan global sehingga akan mewarnai satuannya dalam membangun dan meningkatkan ketahanan nasional, serta terus bekali diri dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi guna menghadapi berbagai bentuk ancaman baru yang dapat mengancam keselamatan bangsa dan keutuhan NKRI.

“Bekerjalah dengan ikhlas dan tanpa pamrih untuk membangun negara, khususnya TNI dimulai dari diri sendiri selanjutnya pada satuan yang kalian pimpin,” pesannya.

Biro Hukum, Persidangan, dan Hubungan Kelembagaan Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel