Berita

Level Maturitas SPIP Kemenko polhukam Sesuai Target RPJMN

Level Maturitas SPIP Kemenko polhukam Sesuai Target RPJMN
#KemenkoPolhukam 

Polhukam, Jakarta – Inspektur Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Purnomo Sidi, S,I.P.,M.H.,M.M menyampaikan bahwa penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Kemenko Polhukam pada tahun 2018 mengalami peningkatan menjadi level 3.

“Untuk Maturitas SPIP di Kemenko Polhukam atas penilaian yang dilakukan oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pada tahun 2018, memperoleh skor 3,241 atau Terdefinsi (Level 3). Hasil ini menujukan adanya peningkatan Maturitas SPIP Kemenko Polhukam dari sebelumnya tahun 2017 dengan skor 2,79 atau Berkembang,” kata Purnomo saat memberikan sambutan pada kegiatan Bimtek Peningkatan Pemahaman Aplikasi Maturitas SPIP di Kemenko Polhukam, Rabu (13/3/2019).WhatsApp_Image_2019-03-13_at_10.54.16

Purnomo Sidi mengatakan Tingkat Maturitas SPIP menunjukan kualitas proses pengendalian terintegrasi dalam pelaksanaan tindakan manajerial dan kegiatan teknis instansi pemerintah. Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangungan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) target Maturitas/Kematangan Penyelenggaran SPIP untuk Tahun 2019 adalah Level 3.

“Manakala Maturitas SPIP telah mencapai Level 3, tentu akan mendukung pencapaian SAKIP yang baik, serta mendukung mempertahankan Opini WTP atas Laporan Keuangan,” katanya.

WhatsApp_Image_2019-03-13_at_10.52.41__1_Purnomo Sidi berharap dengan diselenggarakannya bimbingan teknis tersebut dapat meningkatkan nilai Maturitas penyelenggaran SPIP Kemenko Polhukam tahun 2019 sehingga pemahaman tentang pentingnya sistem pengendalian pada unit kerja di lingkungan Kemenko Polhukam semakin meningkat.

Bimtek tersebut diisi oleh Kasubdit Hankam I BPKP Murwantara dan diikuti oleh pejabat Eselon III, Eselon IV dan pegawai serta Anggota Satuan Tugas Penyelenggaraan SPIP di lingkungan Kemenko Polhukam.

Biro Hukum, Persidangan dan  Hubungan Kelembagaan
Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel