POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Kunjungi Federal State of Micronesia, Menko Polhukam Bahas Kerjasama Konektivitas Hingga Kemaritiman

By 01 Feb 2018 19:24Berita
IMG-20180201-WA0019

Polhukam, FSM – Usai melaksanakan kunjungan kerja serta menghadiri HUT Kemerdekaan Nauru yang ke-50, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto dijadwalkan kembali ke Jakarta pada hari ini, Kamis (1/2/2018). Namun, sebelumnya ia bersama Presiden Federal State of Micronesia yang berpenduduk 800 ribu orang tersebut, berada dalam satu pesawat yang sama milik TNI AU.

Kunjungan Menko Polhukam ini berdasarkan undangan langsung dari Presiden FSM, Peter M. Christian. Ada juga beberapa hal yang dibahas dengan Presiden FSM, seperti peningkatan kerjasama konektivitas dari Jayapura.

“Karena FSM ini negara yang sangat terisolasi maka tadi ada pembahasan mengenai kerjasama konektivitas antara Indonesia dengan Micronesia, seperti menghubungkan dengan kota-kota di Jayapura atau Manado, ” ujar Menko Polhukam Wiranto.

Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas mengenai kerjasama di bidang kemaritiman dan climate change. Kemudian juga membahas mengenai isu maritim dan budidaya perikanan dan rumput laut.

“Kami akan mengirim tim dari Indonesia untuk datang dan mempelajari hal-hal di Micronesia sehingga kami akan dapat meningkatkan kerja sama secara konkrit dan membantu apa saja yang kiranya dibutuhkan di negara ini, ” kata Menko Polhukam.

“Kami juga mengundang Federasi Micronesia untuk dalam ikut dalam konferensi yang membahas tentang Our Ocean Conference dan Bali Democracy Forum di Bali dan Trade Expo di Jakarta” lanjut Menko Polhukam Wiranto.

Saat tiba di kediaman Presiden FSM, Menko Polhukam beserta rombongan dihidangkan salah satu minuman tradisional di sana yang bernama khafa. Minuman tersebut minuman wajib yang dihidangkan untuk menghormati para tamu kenegaraan.

Selain itu, Menko Polhukam juga diajak menjelajahi negara kecil tersebut. Ia melihat infrastruktur, pengembangan hutan bakau, serta tempat-tempat bersejarah yang masih dirawat dengan baik oleh masyarakat di Micronesia dan juga tempat piknik.

Sementara itu, Presiden FSM mengaku sangat bahagia dan terhormat menerima kunjungan Menko Polhukam. Ia menceritakan bahwa dirinya merupakan salah satu keturunan Indonesia yang berasal dari Ambon.

“Saya merupakan keturunan ketiga dari kakek saya yang berada di Ambon. Orang selalu berkata kalau saya orang Melayu, ” kata Peter.

Oleh karena itu, ia sangat bahagia ketika rombongan Menko Polhukam berkunjung ke Micronesia. “Saya sangat senang dan berharap kalian bisa kembali ke sini dan melihat hal-hal yang ada di sini, ” kata Peter.

Humas Kemenko Polhukam

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kunjungi Federal State of Micronesia, Menko Polhukam Bahas Kerjasama Konektivitas Hingga Kemaritiman