POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Kemenko Polhukam Lakukan Entry Meeting tentang Pemeriksaan Laporan Keuangan TA. 2017 Dengan BPK

By 23 Jan 2018 16:03Berita
WhatsApp_Image_2018-01-23_at_2.22.17_PM

POLHUKAM, JAKARTA – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan lakukan Entry Meeting bersama Badan Pemeriksa Keuangan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (23/1/2018). Entry Meeting yang dipimpin oleh Sekretaris Kemenko Polhukam Letjen TNI Yoedhi Swastono tersebut membahas tentang Pemeriksaan Laporan Keuangan Kemenko Polhukam Tahun Anggaran 2017.

Dalam sambutannya, Sesmenko Polhukam mengatakan bahwa kegiatan pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK tersebut merupakan bagian dari penyempurnaan pelaksanaan program Kemenko Polhukam di masa-masa mendatang. Oleh karenanya, Sesmemko Yoedhi mengharapkan agar para Pejabat dan Staf di Lingkungan Kemenko Polhukam dapat menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik dengan Tim Auditor dari BPK RI.

“Kegiatan ini jangan dipersepsikan sebagai upaya untuk mencari kesalahan, tetapi justru kita pahami sebagai upaya untuk menemukan kelemahan dan kekurangan untuk selanjutnya dievaluasi dan dicari jalan keluar untuk penyempurnaan program yang akan datang,” kata Sesmenko Polhukam.

Sesmenko Polhukam melaporkan kepada Tim Auditor BPK bahwa dari tahun 2009, Kemenko Polhukam telah 8 kali berturut-turut mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK RI. Pemberian opini tersebut mempertimbangkaan kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntasi Pemerintah (SAP), kecukupan pengungkapan informasi keuangan dalam laporan sesuai SAP, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas Sistem Pengendalian Intern.

“Hal ini tidak lepas dari kerjasama para Pejabat dengan Pejabat Pengelola Keuangan di lingkungan Kemenko Polhukam dalam menyampaikan dokumen dan informasi mengenai pertanggungjawaban laporan keuangan serta bantuan dan arahan dari BPK RI,” kata Sesmenko Polhukam.

Selain itu, Sesmenko Polhukam menyampaikan bahwa Laporan Keuangan Kemenko Polhukam Tahun 2017 masih dalam proses penyusunan dan rekonsialiasi. Dikatakan, setelah proses penyusunan selesai, selanjtnya akan di review secara paralel oleh unit Inspektorat. Meskipun begitu, Sesmenko Polhukam menambahkan kemungkinan ditemukannya beberapa kekurangan.

“Mohon kepada Tim Auditor dari BPK RI untuk dapat memberikan arahan, bimbingan dan masukan guna penyempurnaan Laporan dimaksud sebagai pertanggungjawaban Laporan Keuangan Kemenko Polhukam TA.2017,” kata Sesmenko Polhukam.

Hadir dalam pertemuan tersebut Tim Audit BPK RI dipimpin oleh Wakil Penanggung Jawab I, Edi Witono, Para Deputi Kemenko Polhukam, Staf Ahli Kemenko Polhukam, Inspektur Kemenko Polhukam, Para Kepala Biro, Kepala Sekretariat Komisi Kejaksaan RI, Kepala Sekretariat Komisi Kepolisian Nasional, dan Pejabat Pengelola Keuangan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemenko Polhukam Lakukan Entry Meeting tentang Pemeriksaan Laporan Keuangan TA. 2017 Dengan BPK