POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Kemenko Polhukam Gelar Acara Buka Bersama Pelaksana Humas Pemerintah

By 14 Jun 2017 13:29Berita
WhatsApp_Image_2017-06-12_at_21.06.57

JAKARTA – Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan melaksanakan kegiatan buka puasa bersama para pelaksana humas pemerintah di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (13/6). Acara ini sekaligus sebagai tempat diskusi bagi para pelaksana humas untuk meningkatkan strategi komunikasi terhadap kegiatan pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam sambutannya, Menko Polhukam Wiranto mengungkapkan bahwa peran humas di kementerian dan lembaga harus lebih aktif dan reaktif. Menurutnya, saat ini perkembangannya sangat lamban.

“Sebagai humas pemerintah kita harus lebih aktif dan reaktif dengan masyarakat. Saya lihat saat ini perkembangannya sangat lamban karena masyarakat sudah banyak dijejali berita-berita hoax dan akhirnya mereka mempertanyakan apa yang sudah dilakukan pemerintahan saat ini,” kata Menko Polhukam Wiranto.

Menko Polhukam mengatakan, tugas utama humas kementerian dan lembaga yaitu menyebarkan informasi mengenai hal-hal positif yang sudah dilakukan pemerintah. Menurutnya, jika semua K/L melakukan itu maka masyarakat akan paham bahwa pemerintah saat ini benar-benar bekerja untuk kepentingan rakyat.

“Untuk itu, saya mengundang kementerian dan lembaga yang melaksanakan tugas kehumasan untuk memahami ini bahwa ada penekanan dari Kemenko Polhukam untuk humas lebih giat, tertib, agresif untuk menyampaikan hal-hal positif dari kinerja pemerintah,” kata Menko Polhukam Wiranto.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara mengakui bahwa masih ada sikap ego sentris antar kementerian dan lembaga dalam pelaksana humas. Menurutnya, jika sikap ini dihilangkan maka komunikasi akan berjalan dengan baik.

Selain itu, ia juga menekankan mengenai komunikasi ada dua yang menjadi utama yaitu kanal komunikasi dan konten komunikasi. Menurutnya, kedua hal ini harus berjalan dengan selaras.

Hadir dalam acara buka bersama ini pejabat di Kemenko Polhukam dari eselon I hinggal eselon 4 serta pelaksana humas di kementerian dan lembaga.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemenko Polhukam Gelar Acara Buka Bersama Pelaksana Humas Pemerintah