POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Kemenko Polhukam Bahas Masalah Keamanan Siber Bersama Delegasi Rusia

By 23 Mar 2017 08:16Berita
WhatsApp Image 2017-03-22 at 12.51.20

JAKARTA – Kementerian Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan bersama Delegasi Rusia mengadakan pertemuan bilateral yang membahas masalah keamanan.  Dalam pertemuan tersebut, dibahas  langkah-langkah untuk dapat meningkatkan keamanan kedua negara  terutama keamanan siber.

“Kita sudah sering menjalin kerjasama di bidang keamanan, terutama masalah anti teror dan bagaimana memotong jalur pendanaan terorisme. Tetapi ada hal baru yang kita bincangkan adalah masalah security cyber dan Rusia sudah memiliki itu,” kata Menko Polhukam Wiranto usai memberi sambutan dalam Pertemuan Bilateral antara Indonesia dengan Delegasi Rusia yang membahas tentang masalah keamanan di Jakarta, Rabu (22/3).

Dalam sambutannya, Menko Polhukam mengatakan keamanan siber sangatlah penting di sektor pemerintahan, khususnya keamanan untuk menjaga kerahasian data-data vital. Saat ini infrastruktur yang ada belum ideal, dana masih terbatas, dan kesadaran mengenai keamanan masih perlu ditingkatkan. “Pencurian data rahasia atau informasi sensitif dari pemerintah bisa menyebabkan ancaman serius bagi negara,” kata Menko Polhukam Wiranto.

Menurutnya, keamanan siber menjadi hal yang sangat penting dan merupakan aset berharga bagi pemerintah. Dikatakan, Indonesia saat ini sudah menyelesaikan kebijakan nasional tentang informasi dan keamanan siber dengan membentuk Badan Siber Nasional, namun tetap ingin bertukar pikiran mengenai masalah cyber dari Rusia yang sudah memiliki Prinsip Dasar Kebijakan Negara di Bidang Keamanan Informasi Internasional yang disahkan untuk tahun 2020.

“Selain Rusia, sebelumnya kita juga sudah membahas masalah ini dengan Australia, India, kemudian Singapura. Sehingga dengan demikian, Indonesia akan banyak menimba pengalaman dengan negara-negara lain mengenai masalah cyber security dan ini penting sekali,” kata Menko Polhukam Wiranto.

Dalam pertemuan tersebut, hadir Wakil Sekretaris Dewan Keamanan  Federasi Rusia Mr. O.V. Khramov, Duta Besar Rusia Mr. Mikhail Galuzin, serta perwakilan kementerian dan lembaga terkait.

Humas Kemenko Polhukam

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kemenko Polhukam Bahas Masalah Keamanan Siber Bersama Delegasi Rusia