BeritaDeputi V Bidkor Kamnas

Kemenko Polhukam Apresiasi K/L Terkait Penanganan Karhutla

Kemenko Polhukam Apresiasi K/l Terkait Penanganan Karhutla
#KemenkoPolhukam 

Polhukam, Pekanbaru – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran kementerian pusat dan seluruh pemangku kepentingan terkait upaya penurunan angka hotspot pada daerah rawan kebakaran hutan dan lahan. Kedepannya, diharapkan seluruh pihak termasuk masyarakat dilibatkan dalam upaya pencegahan dan pengendalian karhutla sesuai dengan arahan Presiden.

“Berdasarkan Inpres 11 tahun 2015 tentang Peningkatan Pegendalian Kebakaran Hutan dan lahan, Kemenko Polhukam selaku koordinator pengendalian kebakaran hutan dan lahan memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran kementerian pusat dan seluruh pemangku kepentingan terkait upaya penurunan angka hotspot pada daerah rawan karhutla,” kata Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam, Irjen Pol Carlo Brix Tewu dalam Rapat Koordinasi Evaluasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Semester I Tahun 2019 serta Antisipasi Pengendalian Semester II di Provinsi Riau, Kamis (18/7/2019).

Menurut Carlo, ada beberapa catatan yang masih harus menjadi perhatian untuk dilaksanakan pada semester II. Diantaranya yaitu peningkatan patroli terpadu dengan melibatkan unsur TNI, POLRI, Manggala Agni dan Kelompok Masyarakat Peduli Api, serta verifikasi dan validasi terkait dengan data baik titik hotspot maupun luas lahan terbakar dari daerah hingga ke tingkat pusat.

“Beberapa upaya yang harus dilakukan yaitu mendorong daerah yang belum menetapkan status siaga darurat untuk segera menetapkan status siaga darurat sebagai antisipasi pencegahan karhutla dan meningkatkan upaya penegakan hukum,” kata Carlo.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Kemenko PMK, Kementerian LHK, BNPB, BMKG dan Jajaran Unsur Forkopimda 16 Provinsi Rawan Karhuta.

Biro Hukum, Persidangan dan Hubungan Kelembagaan Kemenko Polhukam

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel