BeritaDeputi V Bidkor Kamnas

Kedeputian Bidkor Kamtibmas Adakan Rakor Satgas Penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri

Oleh 12 Agu 2019 Agustus 14th, 2019 Tidak ada komentar
Kedeputian Bidkor Kamtibmas Adakan Rakor Satgas Penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri
#KemenkoPolhukam 

Polhukam, Jakarta – Kedeputian Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Kemenko Polhukam mengadakan rapat koordinai Satuan Tugas Penanganan Pengungsi Dari Luar Negeri di Ruang Rapat Nakula, Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Rakor yang dipimpin oleh Deputi V Bidkor Kamtibmas Carlo B. Tewu membahas tentang penjelasan struktur organisasi serta penyamaan persepsi tujuan dan rencana kerja Satgas. Selain itu, dibahas pula tentang permasalahan penanganan pengungsi selama ini.

“Kami membahas tentang permasalahan pengungsi yang ditampung di Gedung Pemda DKI di Kalideres Jakarta Barat, soal bagaimana akses pendidikan bagi pengungsi usia sekolah dan kemungkinan ada nya peluang untuk dapat memperoleh kesempatan bekerja,” kata Carlo.

Masalah lain yang juga menjadi pembahasan adalah tentang perlunya regulasi pelayanan kesehatan sehingga tidak menimbulkan masalah baru di kemudian hari. Dan dibahas juga masalah peluang penempatan pengungsi dan pencari suaka di negara penerima.

Dikatakan, saat ini sudah ada 6 daerah yang memberikan akses pendidikan bagi pengungsi usia anak sekolah. “KPAI akan melakukan kunjungan ke daerah bersama Kemendikbud dan pemanfaatan pengungsi dalam kegiatan pemberdayaan,” kata Carlo.

Hadir dalam rakor tersebut Ketua Harian Satgas, Kelompok Ahli, Perwakilan Subsatgas Bidang Penemuan dan Pendataan, Subsatgas Bidang Penampungan, Subsatgas Bidang Pengamanan, Subsatgas Bidang Pengawasan, Subsatgas Bidang Kerjasama Internasional, Subsatgas Notifikasi, Deportasi dan Pemulangan Sukarela, dan Subsatgas Kebutuhan Dasar Pendidikan, Kesehatan dan Pemberdayaan.

Biro Hukum, Persidangan dan Hubungan Kelembagaan Kemenko Polhukam

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel