BeritaDeputi V Bidkor Kamnas

Kedeputian Bidkoor Kamtibmas Kemenko Polhukam Laksanakan Rakor Bahas Potensi Ancaman Obvitnas di Gorontalo

Dibaca: 1 Oleh Rabu, 7 April 2021Tidak ada komentar
Kedeputian Bidkoor Kamtibmas Kemenko Polhukam Laksanakan Rakor Bahas Potensi Ancaman Obvitnas di Gorontalo
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No: 58/SP/HM.01.02/POLHUKAM/4/2021

Polhukam, Gorontalo – Kedeputian V Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan melaksanakan Rapat Koordinasi Identifikasi Ancaman dan Gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat terhadap Objek Vital Nasional (Obvitnas) di Provinsi Gorontalo, Rabu (7/4/2021).

Rakor tersebut bertujuan untuk memperoleh informasi potensi ancaman dan gangguan keamanan terhadap obvitnas serta memperoleh masukan dan saran terhadap kebijakan penyelenggaraan pengamanan obvitnas di Provinsi Gorontalo.

“Obvitnas PT. PLN (Persero) ULPLTG MALEO yang berlokasi di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. Kerawanan yang sering terjadi adalah terjadinya pembakaran di luar pagar PLTG yang berdekatan dengan tanki penyimpanan BBM solar, terutama musim yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran besar,” jelas Asdep Intelijen Keamanan, Bimbingan Masyarakat dan Obvitnas Kemenko Polhukam Brigjen TNI Iriyanto saat membuka acara.

Brigjen TNI Iriyanto menjelaskan bahwa ancaman dan gangguan keamanan terhadap obvitnas langsung maupun tidak langsung berdampak pada sistem perekonomian nasional, stabilitas politik, serta keamanan nasional.

“Kita diberikan tugas untuk memonitor terlaksananya program prioritas nasional. Berdasarkan Perpres No. 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020 – 2024, target pengamanan obyek vital adalah jumlah obyek vital yang mendapat pengamanan sebanyak 861,” terangnya.

Baca juga:  Jelang Pemilu 2019, Politik Identitas Sudah Mulai Digunakan Untuk Menangkan Pemilu

Di Provinsi Gorontalo terdapat obyek vital diantaranya PLTG Maleo yang mempunyai kerawanan berupa kebakaran di area tersebut.

Untuk itu diharapkan dengan diadakannya rakor tersebut dapat menjadi tempat berbagi informasi terkait potensi ancaman dan gangguan Kamtibmas terhadap obvitnas di Provinsi Gorontalo dan upaya yang sudah dilakukan.

Rapat dipimpin oleh Asdep Intelijen Keamanan, Bimbingan Masyarakat dan Obvitnas, serta menghadirkan narasumber Dir. Pamobvit Polda Gorontalo, Kabag Ops BINDA Gorontalo, dan Asops Korem 133/NWB.

Rapat dihadiri juga oleh Kaban Kesbangpol Prov. Gorontalo, Dit. Kriminal Umum Polda Gorontalo, Dit. Intelkam Polda Gorontalo, Kapolres Gorontalo, para Kasat Intel dan Kasat Sabhara di wilayah hukum Polda Gorontalo, dan perwakilan pengelola Obvitnas yang ada di Provinsi Gorontalo al. Pertamina dan PLN.

Humas Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel