BeritaBerita Inspektorat

Inspektorat Kemenko Polhukam Adakan Workshop PMPRB Tahun 2022

Dibaca: 50 Oleh Selasa, 19 April 2022Mei 12th, 2022Tidak ada komentar
IMG 20220419 WA0066
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No: 47/SP/HM.01.02/POLHUKAM/4/2022

Polhukam, Sentul – Inspektorat Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan melaksanakan kegiatan Workshop Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) Kemenko Polhukam Tahun 2022, di Sentul, Jawa Barat, (18/4/2022).

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendorong Kemenko Polhukam untuk secara konsisten meningkatkan implementasi reformasi birokrasi, sehingga diharapkan mampu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang semakin baik,” jelas Plh. Inspektur Kemenko Polhukam Emah Liswahyuni saat membuka acara.

Pelaksanaan reformasi birokrasi telah memberikan dampak penting terhadap pencapaian visi dan misi Kementerian Koordinator Bidang politik, Hukum, dan Keamanan.

“Sejalan dengan itu diharapakan terus dilakukan upaya perbaikan program sesuai arahan dan kebijakan yang berlaku sehingga tujuan terselenggaranya Reformasi Birokrasi dalam menciptakan birokrasi yang profesional, berintegrasi, berkinerja tinggi, serta bebas dari KKN dapat terwujud,” ungkap Emah.

Sebagai instrumen penilaian kemajuan pelaksanaan reformasi birokrasi, K/L dan Pemda diamanatkan untuk melakukan penilaian secara mandiri (self assessment) dengan tujuan memudahkan instansi dalam menyediakan informasi mengenai perkembangan pelaksanaan RB dan upaya-upaya perbaikan yang perlu dilakukan oleh K/ L dan Pemda, serta menyediakan data/informasi bagi Kementerian PAN dan RB.

Baca juga:  Menko Polhukam: Tidak ada Islamofobia di Indonesia

Model PMPRB yang digunakan dalam pedoman ini disusun atas dasar Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tahun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024.

Melalui model tersebut dapat diuraikan bahwa program-program yang ditetapkan dalam Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 merupakan proses yang menjadi pengungkit. “Untuk itu, diharapkan dapat menghasilkan sasaran pemerintah yang bersih dan akuntabel, pemerintahan yang kapabel, serta pelayanan publik yang prima,” lanjut Plh. Inspektur.

Diharapkan kegiatan ini dapatnya memberikan penjelasan secara matang baik terkait proses hingga penginputan hasil Penilaian yang akan dilaksanakan, serta langkah-langkah perbaikan di Kemenko Polhukam khususnya pelaksanaan reformasi birokrasi.

Humas Kemenko Polhukam

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel