POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Indonesia Serukan Kerjasama ASEAN Amankan Jalur Laut

By 06 Sep 2016 13:17Berita
WhatsApp Image 2016-09-06 at 10.07.03

Menteri Wiranto meminta kerja sama negara-negara di wilayah Asia Tenggara untuk bersama- sama mengamankan perairan ASEAN. Hal ini disampaikan Menko Polhukam Wiranto di pertemuan ASEAN Political Security-Community Council ke-14 di Vientiane, Laos (6/9). “Indonesia menyerukan ASEAN untuk terus bekerja sama mencegah jalur laut kita menjadi tidak aman” Jelas Menko Polhukam.

Menurut Menteri Wiranto, pentingnya pengamanan bersama karena banyaknya peristiwa perampokan dan penculikan di Laut Sulu. “Kami sangat prihatin dengan ancaman yang sedang berlangsung pada keamanan maritim dengan meningkatnya jumlah perampokan laut, pembajakan dan penculikan di Laut Sulu” ujar Menko Polhukam.

Selain itu, Indonesia juga meminta komitmen lebih dari negara-negara ASEAN dalam upaya memberantas illegal fishing. “Izinkan saya untuk mengajak sahabat-sahabat di ASEAN dan kawasan Asia Pasifik untuk  banyak berupaya dan menunjukan komitmen yang lebih dalam menangani masalah illegal fishing, termasuk untuk mencapai wilayah yang bebas dari kegiatan IUU Fishing” tegasnya.

Dalam statementnya, Menteri Wiranto menambahkan bahwa praktek IUU Fishing merata terjadi di perairan Indonesia. “Praktek IUU Fishing di wilayah kami masih lazim. Indonesia, sebagai negara anggota maritim terbesar ASEAN dengan potensi maritim yang luas, akan terus menegakkan hukum pada kegiatan IUU fishing untuk memastikan kelestarian sumber daya laut kami” tambahnya dalam acara tersebut.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Indonesia Serukan Kerjasama ASEAN Amankan Jalur Laut