POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Indonesia-Rusia Pererat Kerja Sama Keamanan

By 01 Mar 2018 19:00Berita
IMG-20180302-WA0017

Press Release

Forum Konsultasi Bilateral Keempat Indonesia – Federasi Rusia
Jakarta, 1 Maret 2018

Indonesia-Rusia Pererat Kerja Sama Keamanan

Indonesia dan Rusia mempererat kerjasamanya di bidang keamanan melalui Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-4 antara Kementerian Koordinasi Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia dengan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia yang diselenggarakan pada 1 Maret 2018 di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Menko Polhukam Wiranto sebagai Ketua Delegasi Indonesia sedangkan dari Delegasi Rusia dipimpin oleh Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Y.M. Nikolay Patrushev.

Pada FKB keempat, hadir, Bpk. Muhammad Anshor, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri; Mayjen TNI Hartind Asrin, S.E., M.I.Kom., Direktur Jenderal Strategi Pertahanan, Kementerian Pertahanan; Bpk. Cahyo Rahadian Muzhar, Plt. Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM; Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, Asisten Intelijen Panglima TNI; Mayjen TNI Asep Subarkah, Deputi Kontra Intelijen, Badan Intelijen Negara; Brigjen Pol. Eddy Hartono, S.IK., M.H., Wakil Kepala Densus 88 Anti Teror, Polri; Brigjen (Mar.) Dr. Suharyanto, S.E., M.M., Deputi Bidang Pengamanan Persandian, Badan Siber dan Sandi Negara; Irjen Pol. Firman Shantyabudi, Deputi Bidang Pemberantasan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan; Kombes Pol. Kris Erlangga AW, Direktur Bilateral, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme; serta Bpk. Andriana Supandy, Direktur Kerja Sama, Badan Narkotika Nasional sebagai anggota delegasi. Sementara itu, anggota delegasi Rusia akan hadir antara lain Hon. Mr. Oleg Khramov, Wakil Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia dan Mr. Oleg Plohoy, Deputi 1 Kementerian Kehakiman Federasi Rusia.

FKB keempat bidang keamanan merupakan forum konsultasi bilateral bidang hukum dan keamanan antara Menko Polhukam dan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia dan dilaksanakan setiap tahun. FKB 1 di Rusia pada tanggal 22 Juni 2015, FKB 2 di Indonesia pada tanggal 9 Februari 2016, dan FKB 3 di Rusia pada tanggal 22 Mei 2017.

Forum Konsultasi Bilateral membicarakan beberapa isu bidang hukum dan keamanan, diantaranya adalah peningkatan dan penguatan kerja sama bilateral kedua negara terutama kerja sama bidang penegakan hukum, kerja sama teknis militer, keamanan siber, pemberantasan pendanaan terorisme, serta penguatan kerja sama penanggulangan terorisme terutama FTF Returnee disamping bertukar pandangan tentang isu-isu kawasan.

Melalui Forum Konsultasi Bilateral ini, Indonesia dan Rusia, sepakat untuk meningkatkan saling pengertian atas isu-isu politik, hukum dan keamanan yang menjadi perhatian bersama. Hal ini sebagai wujud komitmen kedua negara menjaga stabilitas keamanan di kawasan dan demi terciptanya kesejahteraan. Komitmen tersebut akan dituangkan diakhir pertemuan dalam bentuk Pernyataan Bersama.

KEDEPUTIAN II BIDKOR POLITIK LUAR NEGERI KEMENKO POLHUKAM

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Indonesia-Rusia Pererat Kerja Sama Keamanan