POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Humas Sebagai Ujung Tombak Pelayanan Informasi

By 21 Mar 2016 13:58Opini
featured-pancasila-1600×600

Author :: Sucipto
Date :: Sel 21/03/2016 @ 13:42

Setiap organisasi perlu melihat bahwa keberadaannya menjadi bagian dari lingkungan kemasyarakatan dan oleh karenanya ia senantiasa menyesuaikan diri dengan kepentingan masyarakat sekelilingnya, sehingga kesepahaman menjadi hal yang sangat urgen.

Bagaimana kesepahaman tersebut terjadi, ketika antara organisasi dengan lingkungan sekitar terjalin komunikasi dua arah antar keduanya. Lalu siapa yang menjembatani? Mengingat keduanya memiliki pola pikir yang berbeda, tidaklah mudah membuat kedua pihak merasa dirugikan atau diuntungkan.

Pada posisi inilah Humas menjalankan peran sebagai gerbang dua arah, menyampaikan informasi kepada masyarakat dan menerima informasi dari masyarakat. Melalui komunikasi yang tersistematis, terstruktur dan terjamin pengelolaannya, organisasi dan masyarakat bisa berada pada satu pemahaman. Keberhasilan suatu proses komunikasi apabila pesan yang disampaikan komunikator dapat dipahami dan dicerna oleh komunikan bahwa komunikasi efektif harus dilaksanakan melalui empat tahap.

Pertama; fact finding, pada tahapan ini sebelum seseorang melakukan tindakan harus mencari, mengumpulkan serta mengolah fakta atau data. Kedua; planning atau membuat rencana apa yang akan dan harus dilakukan dalam menghadapi masalah. Yang ketiga; communicating yaitu hasil pemikiran yang matang berdasarkan fakta-fakta data yang telah dikumpulkan. Dan yang keempat adalah; evaluation,  suatu tahapan evaluasi untuk menilai apakah tujuan sudah tercapai dan berjalan dengan apa yang telah direncanakan.

Ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang humas, diantaranya :

  1. Memiliki akses langsung terhadap pimpinan,
  2. Memiliki networking yang bagus, baik kedalam maupun keluar organisasi,
  3. Memiliki pengetahuan hukum, untuk mampu berbicara isu-isu legal, hak publik dan lainnya,
  4. Memiliki kecakapan negosiasi, dan manajemen konflik, resolusi konflik serta menguasai bahasa asing dan lokal.

Dengan strategisnya peran humas, maka sumber daya manusia menjadi prioritas untuk dibekali pendidikan, karena mereka merupakan tulang punggung utama dan orang pertama dalam sebuah organisasi yang berhadapan dengan masyarakat, terutama dalam menyampaikan informasi dan komunikasi.

Join the discussion 5 Comments

  • Erika Debora Limbong says:

    Selamat malam, Bapak/Ibu admin website Menko Polkam. Saya Erika Debora Limbong mahasiswi program S1 Jurusan Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Jenderal Achmad Yani di Cimahi. Apabila jurusan kami hendak mengadakan Study Visit ke Kantor Kemenko Polkam apakah bisa? Bila bisa bagaimana mekanismenya?
    Terimakasih.

    • Humas Polkam says:

      Selamat pagi Ibu Erika. Ibu bisa langsung mengirimkan surat permohonan studi resmi dari kampus ke kantor Kemenko Polhukam, Jl. Medan Merdeka Barat No. 15 Kode Pos 10110.

  • bedjo mulyono says:

    mhn ijin pak/bu,sy bedjo mulyono wartawan dari ctv banten mau daftar sebagai wartawan yang ngepos di menko polhukam apa syarat nya dan siapa koordinator wartawan di menkopolhukam,tks sebelum nya

  • Dio Fawwaz Prakoso says:

    Selamat malam,

    Saya Dio dari Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Unsoed Purwokerto. Jika saya ingin mengudang bapak Menko Polhukam bapak Luhut Binsar Pandjaitan bagaimana mekanisme nya?

    Terimakasih

    • Humas Polkam says:

      Selamat pagi Bapak Dio. Silahkan mengirim surat ke kantor Kemenko Polhukam perihal undangan kepada Bapak Menko sebagai narasumber. Terima kasih 🙂

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Humas Sebagai Ujung Tombak Pelayanan Informasi