POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

Humas Pemerintah Berperan Penting Dalam Pengentasan Kemiskinan

By 28 Sep 2016 07:10Berita
Jpeg

Kementerian Sosial menargetkan angka kemiskinan turun 4 persen dengan kontribusi dari Kementerian Sosial sebesar 1 % dalam 5 tahun kedepan melalui berbagai program kesejahteraan masyarakat. Untuk mencapai target tersebut, seluruh unsur humas berperan penting dalam diseminasi informasi maupun sosialisasi program terkait pengentasan kemiskinan. Hal ini disampaikan oleh Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kemenkominfo, Rosarita Niken Widyastuti pada pidato sambutannya di Forum Komunikasi Kehumasan (Bakohumas) yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial di Hotel Santika TMII, Selasa (27/9).

Jpeg

Jpeg

Menurut Dirjen IKP, untuk dapat menyukseskan target penurunan angka kemiskinan, perlu ada kerjasama antar Kementerian dan Lembaga. “Diperlukan kerja sama yang luar biasa antar kementerian dan lembaga untuk menurunkan angka kemiskinan”, ujar Niken dalam Forum Bakohumas yang mengangkat tema Penanganan Kemiskinan dari Perspektif Kerjasama Antar Kementerian dan Lembaga.

Kerja sama luar biasa yang dimaksud Niken termasuk strategi komunikasi yang dilakukan untuk mensosialisasikan berbagai program yang dijalankan. “Strategi komunikasi bisa bersifat ofensif, dengan cara menyusun narasi tunggal untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat”, jelasnya.

Jpeg

Jpeg

Selain itu, diperlukan juga strategi komunikasi defensif untuk menangkal isu-isu negatif yang akan muncul terhadap program atau kebijakan. “Strategi komunikasi defensif ini dilakukan dengan memanage isu dan memonitor isu publik, untuk mengetahui respon masyarakat terhadap kebijakan”, tegasnya lagi.

Dalam akhir pidatonya Niken berpesan agar semua unsur Humas di setiap Kementerian dan Lembaga ikut mensosialisasikan program K/L yang lain. “Mari kita proaktif menyampaikan informasi dan merespon setiap informasi dari masyarakat”, pesannya.

Jpeg

Jpeg

Forum Komunikasi Kehumasan ini turut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial dan jajaran Kehumasan dari hampir seluruh  Kementerian dan lembaga negara. Dalam forum tematik Bakohumas tersebut juga  menghadirkan narasumber Dirjen Penanganan Fakir Miskin, Andi Dulung.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Humas Pemerintah Berperan Penting Dalam Pengentasan Kemiskinan