BeritaDeputi II Bidkor Polugri

Deputi Bidkoor Pollugri Lakukan Pertemuan Dengan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Thailand

Dibaca: 45 Oleh Wednesday, 28 September 2022Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2022 09 28 at 11.04.46 AM
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No: 145/SP/HM.01.02/POLHUKAM/9/2022

Polhukam, Bangkok – Deputi Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri Kemenko Polhukam Rina Soemarno melakukan pertemuan dengan Usana Berananda, Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Thailand di Bangkok, Selasa sore (27/9/2022).

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari kegiatan assessment strategis yang dilakukan oleh Kemenko Polhukam, selaku Koordinator Pilar Politik dan Keamanan ASEAN, untuk mengkaji tantangan, hambatan, serta keberhasilan Keketuaan Thailand di ASEAN pada tahun 2019 yang lalu. Selain itu, Indonesia ingin menggali lebih dalam pengalaman Thailand dalam mempersiapkan penyelenggaraan pertemuan-pertemuan ASEAN termasuk strategi untuk mendukung tercapainya prioritas dan deliverables.

“Indonesia menginginkan agar pada masa Keketuaannya nanti dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, untuk itu penting bagi kami untuk belajar dari Ketua ASEAN sebelumnya,” ujar Duta Besar Rina Soemarno, dalam diskusinya dengan Dirjen Kerja Sama ASEAN Kemlu Thailand.

Di kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kerja Sama Kemlu Thailand menyatakan dukungannya kepada Indonesia sebagai Ketua ASEAN tahun depan.  Dirinya berharap, Indonesia dapat memberikan terobosan bagi arah kerja sama ASEAN di masa mendatang. Thailand juga menyatakan kesiapan untuk bekerjasama dengan Indonesia.

Hasil dari pertemuan tersebut akan menjadi bahan masukan bagi penguatan koordinasi lintas K/L dalam mempersiapkan Keketuaan ASEAN di tahun depan.

Deputi II Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri

Terkait

Kirim Tanggapan