BeritaDeputi II Bidkor Polugri

Deputi Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri Kemenko Polhukam Bertemu Sekretaris Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Kamboja

Dibaca: 80 Oleh Saturday, 1 October 2022Tidak ada komentar
Kemenko Polhukam RI
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No: 152/SP/HM.01.02/POLHUKAM/10/2022

Polhukam, Kamboja – Deputi Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri Kemenko Polhukam Rina Soemarno melakukan pertemuan dengan Mr. Kung Phoak, Sekretaris Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Kamboja di Phnom Penh, Kamboja, Jumat (30/9/2022) sore.

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari kegiatan assessment strategis yang dilakukan oleh Kemenko Polhukam selaku Koordinator Pilar Politik dan Keamanan ASEAN untuk mengkaji tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh Kamboja selaku Ketua ASEAN tahun 2022.

“Indonesia juga ingin menggali lebih dalam pengalaman Kamboja dalam mempersiapkan penyelenggaraan pertemuan-pertemuan ASEAN termasuk strategi untuk mendukung tercapainya prioritas dan deliverables,” kata Duta Besar Rina Soemarno dalam diskusinya dengan Sekretaris Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Kamboja.

Dalam pertemuan, Indonesia juga berbagi pengalaman sebagai Presiden G20 dalam mengelola pertemuan-pertemuan G20.

¬†“Tahun ini merupakan tahun ASEAN, dimana Kamboja, Indonesia, dan Thailand akan menjadi tuan rumah KTT ASEAN, G20, dan APEC, untuk itu penting bagi ASEAN untuk dapat saling mendukung dan memiliki pendekatan yang serupa dalam mengelola jalannya pertemuan,” ujar Rina.

Di kesempatan yang sama, Mr. Kung Phoak menyatakan dukungannya kepada Indonesia sebagai Ketua ASEAN tahun depan. Kamboja akan segera mengirimkan undangan resmi kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan untuk hadir sebagai Wakil Indonesia bersama Menteri Luar Negeri RI pada Pertemuan ASEAN Political Security Community Council ke-25 di Phnom Penh pada 10 November 2022.

Hasil dari assessment pada pertemuan dengan Sekretaris Kementerian Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Kamboja tersebut akan menjadi bahan masukan bagi penguatan koordinasi lintas K/L dalam mempersiapkan Keketuaan ASEAN di tahun 2023.

Deputi II Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri

 

 

 

Terkait

Kirim Tanggapan