Dampingi Presiden Jokowi, Menko Polhukam Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Dumai

Dibaca: 82 Oleh Saturday, 1 June 2024Menko Polhukam, Berita
IMG 20240601 WA0036

SIARAN PERS NO. 127/SP/HM.01.02/POLHUKAM/5/2024

Polhukam, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni. Secara nasional Hari Lahir Pancasila 2024 diselenggarakan di Lapangan Garuda PHR Dumai di Blok Rokan, Kota Dumai, Provinsi Riau

Dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut, Presiden Joko Widodo hadir sekaligus menjadi inspektur upacara dan bertindak selaku Komandan Upacara yakni Kombes pol Andri Ananta Yudistira yang merupakan Direktur Reskrimum Polda Jambi.

“Selamat Hari Lahir Pancasila, Semoga nilai-nilai mulia Pancasila senantiasa membimbing kita dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegas Menko Polhukam Hadi.

Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat, gempuran dunia yang penuh ketidakpastian, dunia yang terus dilanda krisis, ketegangan politik menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” Joko widodo.

Membangun ekonomi yang berpihak pada kepentingan masyarakat. Berdikari dalam bidang ekonomi melalui industri hilirisasi yang mampu menciptakan daya saing, peluang kerja dan natinya akan meningkat pertumbuhan ekonomi yang memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat.

“Perlunya penanaman nilai-nilai pancasila yang nyata melalui perilaku nyata, kebijakan-kebijakan nyata yang dirasakan oleh masayakat demi kepentingan bersama yang menjadi praktek dalam hidup berbangsa dan bernegara,” jokowi

Presiden RI Joko Widodo menekankan pentingnya Bangsa ini terus berjuang demi kemandirian ekonomi dan politik, berdiri di atas kekuatan kita sendiri serta tidak ketergantungan pada pihak asing.

Presiden juga mengatakan indonesia berupaya memperjuang kemandirian ekonomi melalui industrialisasi dalam negeri dan hilirisasi di berbagai sektor.

Dalam kesempatan peringatan hari Lahir Pancasila, Jokowi menekankan indonesia terus aktif berperan aktif dan berpihak pada kepentingan nasional serta terus terlibat dalam ajang internasional melalui forum G20, World Water Forum, hingga ASEAN demi tercapainya perdamaian di seluruh dunia.

Terkait

Kirim Tanggapan


Skip to content Made with passion by Vicky Ezra Imanuel