POLHUKAM - Kementerian Koordinator Bidang Polhukam RI

60 Persen Dana APBN Akan Ditransfer ke Daerah

By 28 Feb 2016 09:44Berita
Dana APBN

Pemerintah secara bertahap akan mengupayakan aliran dana anggaran Negara dapat mengalir hingga enam puluh persen ke desa-desa di seluruh Indonesia. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan hal tersebut  dalam kunjungan kerjanya  ke Batam, Provinsi Kepulauan Riau hari Kamis (18/02/2016).  Acara tersebut  turut dihadiri oleh Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Kapolri Badrodin Haiti, dan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Muhammad Sani.

Dalam pertemuan terbuka tersebut, Menko Polhukam menyatakan bahwa pemerintahan saat ini ingin secara merata membangun daerah. Ada strategi yang berubah dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo yakni pemerintah ingin memulai pembangunan dari pinggiran, bukan hanya dari pusat. Untuk itulah mengapa dana yang mengalir ke daerah akan terus ditingkatkan.

Untuk tahun 2016 pemerintah menganggarkan 12,3 persen dari total anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yakni sebesar 47 Triliun Rupiah. Menurut Menko Polhukam adanya kekuatan ekonomi yang mengalir ke desa akan mendukung keamanan nasional. Namun Menteri Luhut mengingatkan perlunya pengelolaan yang baik agar besarnya anggaran dapat berdampak positif.

“Jika dana  sebesar itu digunakan dengan benar maka akan membawa pada kesejahteraan, jika tidak maka dapat menjadi malapetaka” tegas Menko Polhukan di Graha Kepri, Batam, kepulauan Riau.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

60 Persen Dana APBN Akan Ditransfer ke Daerah