BeritaDeputi V Bidkor Kamnas

Deputi Bidkoor Kamtibmas Kemenko Polhukam Sampaikan Ada Peningkatan Ketertiban di Masyarakat Pada Gerakan Indonesia Tertib

Dibaca: 17 Oleh Friday, 28 October 2022October 31st, 2022Tidak ada komentar
Kemenko Polhukam RI
#KemenkoPolhukam 

SIARAN PERS No: 176/SP/HM.01.02/POLHUKAM/10/2022

Polhukam, Jambi – Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam, Irjen Pol Armed Wijaya mengatakan telah terjadi peningkatan ketertiban dalam rangka Gerakan Indonesia Tertib yang merupakan program dari Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo.

“Sudah ada perubahan. Itukan salah satu program Gerakan Nasional Revolusi Mental, ada 5 program yaitu Gerakan Indonesia Tertib, Indonesia Melayani, Indonesia Bersatu, Indonesia Mandiri dan Indonesia Bersih,” kata Irjen Pol Armed Wijaya, Jumat (28/10/2022).

Armed mengatakan, untuk Gerakan Indonesia Tertib sendiri ada tiga kelompok kerja yaitu Tertib Lalu Lintas, Tertib Administrasi Kependudukan, dan Tertib di Ruang Publik. Menurutnya, untuk tertib lalu lintas sudah ada kemajuan seperti sarana dan prasaran yang membuat masyarakat mudah melakukan kegiatan misalnya adanya marka jalan, rambu lalu lintas yang jelas, dibangunnya jalan jalan untuk menghindari kemacetan, dan sebagainya.

Sementara untuk tertib administrasi kependudukan, kata Armed, sudah banyak yang dilakukan oleh Dinas Catatan Kependudukan di Provinsi dan Kabupaten/Kota. Diantaranya yaitu adanya inovasi pembuatan Kartu Tanpa Penduduk untuk anak seperti KIA, atau adanya KTP digital.

“Seperti kegiatan GIT yang ada di Jambi saat ini. Kita lihat inovasi seperti pembuatan KTP digital dimana di sana dimuat semua data kita seperti akta kelahiran, kartu keluarga, KTP dan sebagainya, sehingga ini dapat mempermudah pendataan untuk masyarakat,” kata Armed.

Untuk kegiatan GIT di Jambi, lanjut Armed, Kapolda Jambi telah melaksanakan kegiatan pemasangan helm secara simbolis. Sedangkan untuk Administrasi Kependudukan, Dinas Dukcapil Provinsi dan Daerah mendatangi Sekolah Luar Biasa untuk melaksanakan praktek pembuatan KTP secara digital bagi anak-anak sekolah luar biasa di tingkat SD, SMP dan SMA.

“Untuk tertib administrasi maka inovasi-inovasi dari Kementerian Dalam Negeri dan Dukcapil untuk menertibkan pendataan administrasi kependudukan mereka membuat semacam digitalisasi. Jadi KTP terhubung dengan aplikasi di telepon seluler itu bisa memuat semua data seperti akta kelahiran, kartu keluarga, KTP, dan sebagainya sudah ada di situ. Jadi ini mempermudah masyarakat secara umumnya dan untuk anak-anak yang disabilitas,”kata Armed.

Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono mengatakan, kegiatan peningkatan tertib berlalu lintas dan tertib administrasi kependudukan ini sebagai bagian dari rangkaian kegiatan GIT Provinsi Jambi. “Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat serta dapat terus meneguhkan niat dan komitmen kita bersama dalam melaksanakan Gerakan revolusi mental di Provinsi Jambi,” katanya.

Rudi juga menyampaikan rasa bangganya terhadap kegiatan Gerakan Indonesia Tertib ini karena menjadi sebuah wujud perhatian pemerintah pusat, serta merupakan wujud nyata komitmen dan pelaksanaan berbagai agenda pembangunan nasional. “Kita semua berharap dengan adanya Gerakan Indonesia Tertib ini akan semakin menumbuhkan kesadaran kita semua, kesadaran pemerintah dan masyarakat Provinsi Jambi,” katanya.

Humas Kemenko Polhukam RI

Terkait

Kirim Tanggapan